Rabu, 09 Maret 2011

Levono Mobile

Resmi sudah Lenovo masuk bursa ponsel Tanah Air. Setelah menjadi brand papan atas di kelompok produsen komputer (baik desktop maupun komputer jinjing), pabrikan ini melebarkan sayap ke ranah industri telekomunikasi. Menurut Tony Chen, dari Lenovo, rencana ini sebenarnya sudah cukup lama digagas. Baru tahun 2002 divisi baru bernama Lenovo Mobile Communication ini terbentuk.
Tiga manufaktur yang semuanya di China bahkan telah memproduksi sejumlah besar ponsel. Antara lain Beijing, Shanghai, dan Xiamen. Masing-masing manufaktur memproduksi berbagai kategori produk. Misalnya Shanghai untuk produk kelas middle sampai high end. Tak cuma itu, kata Tony, ratusan juta dollar diinvestasikan untuk mendukung produksi. Lenovo bahkan membentuk National Technology Center (NTC) yang menjadi pusat kajian dan penelitian produk masa mendatang.
Benang merah yang diusung adalah memadukan antara unsur fashion dan teknologi. Sejumlah orang direkrut untuk memperkuat tim riset dan pengemnbangan produk di level high end. Maka, konsep Lenovo Mobile Communication adalah pada pemakaian material ponsel (untuk ini memang merupakan strengthness produk Lenovo lain), push service on-line, serta punya spesialisasi pada application mobile internet. Untuk hal terakhir ini, Lenovo merencanakan membikin sendiri toko aplikasi.
Konsep fashion techonology itu kemudian mendapat respon. berbagai pengrhargaan pun diraih seperti Idea dan Reddot Awards, dua penghargaan bergengsi untuk memilih produk teknologi terbaik dalam hal desain.
Tony melihat Indonesia sebagai sebuah pasar yang sangat besar. "Kami telah melihat hal ini dua tahun silam," katanya. Karena itu, demi membuka peluang, ia bekerjasama dengan distributor lokal, PT Global Selular Network (GSN). "Selain brand, harga harus terjangkau, selain itu kebutuhan konten juga penting," tambah Tony.
Gebrakan pertama Lenovo Mobile telah dilancarkan beberapa hari silam. Bersama operator Axis menawarkan ponsel entry level yang dijuluki dilengkapi oleh desain yang excellent. Itulah seri E156. Mau tahu harganya?
Untuk paket bundling dihargai Rp 199.000 namun konsumen harus beli dua unit alias mengeluarkan kocek sekitar 400 ribu plus kartu SIM Axis. Sementara bila beli ketengan, cukup senilai Rp 249.000. Sebuah produk ponsel QWERTY bakal menyusul di giliran berikutnya menggandeng Telkomsel.
Untuk menjamin layanan purnajual, sejak dirilis seri ini, PT GSN telah menyiapkan gerai sebanyak 8 buah di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Palembang, Balikpapan, dan Makassar. Pada Juli, akan ditambah lagi 10 gerai. Malah targetnya pada tutup tahun semua kota provinsi sudah bercokol gerai after sales. 
PT GSN sendiri sangat optimis Lenovo mampu menembus konsumen di berbagai daerah. Kekuatan nama besar Lenovo sangat diandalkan. Persepsi sebagai produsen produk dengan pemakaian material terbaik ikut melengkapi kekuatan dalam mengeduksi konsumen. Selanjutnya, akan diteruskan dengan ponsel-ponsel pintar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar