Rabu, 09 Maret 2011

Merawat Perkakas Dapur Berbahan Aluminium

Banyak perkakas dapur berbahan aluminium yang dapat kita temukan, misalnya wajan, panci, loyang kue, kukusan, dll. Agar tidak cepat rusak dan tahan lama, berikut ada beberapa tips merawat perkakas dapur yang terbuat dari bahan aluminium.

  • Ketika Anda baru saja membeli perkakas dapur berbahan aluminium, rebuslah terlebih dahulu sebelum alat-alat tersebut digunakan. Caranya tambahkan sedikit cuka ke dalam air rebusan, kemudian rebus peralatan baru tersebut hingga mendidih. Hal ini bertujuan agar makanan yang diolah menggunakan peralatan dari aluminium tersebut tidak lengket.

  • Apabila perkakas dapur berbahan aluminium milik Anda mulai menghitam atau berkarat, maka rebuslah perkakas tersebut dengan campuran satu liter air yang ditambahkan satu sendok the krim tartar. Setelah direbus lebih kurang sepuluh menit, gosoklah bagian yang menghitam atau berkarat dengan spon selagi masih dalam keadaan hangat. Kotoran/karatan pun akan menghilang.

  • Untuk bau amis yang menempel pada perkakas dapur yang terbuat dari aluminium, Anda bisa menghilangkannya dengan cara menggunakan air jeruk nipis atau lemon.

  • Teteskan air perasan jeruk nipis atau lemon ke perkakas tersebut kemudian diamkan selama lebih kurang lima belas menit. Setelah itu cuci perkakas Anda dengan sabun dan bau amis akan hilang dari perkakas Anda.

  • Untuk loyang atau cetakan kue yang terbuat dari aluminium, Anda bisa membersihkannya dengan cara menjemur loyang atau cetakan kue tersebut di bawah terik matahari setelah dicuci. Atau bisa juga dikeringkan dengan memanaskannya di dalam oven selama lebih kurang dua hingga tiga menit.

  • Apabila Anda memiliki oven yang terbuat dari bahan aluminium, ada tips agar oven tersebut tahan lama. Caranya adalah dengan selalu membersihkan bagian-bagian oven tersebut termasuk kaca dan bagian bawah oven yang langsung terkena api setelah selesai menggunakannya. Hal ini bertujuan agar kotoran yang menempel pada oven tidak bertumpuk dan bertambah tebal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar